Popular Post

Posted by : Muhammad iskandar Sabtu, 22 Oktober 2016

       Dulu informasi bisa didapatkan melalui proses interaksi antara dua orang atau lebih untuk saling bertukar pikiran atau bebagi ilmu, bahkan pada zaman pra-sejarah manusia menuliskan informasi di dinding atau di goa dengan maksud untuk memberikan informasi kepada manusia setelah zamannya, tetapi seiring berkembangnya zaman, apalagi dizaman modern saat ini  saat ini informasi bisa didapatkan dengan mudah, salah satunya bisa melalui media cetak maupun melalui internet.
       Teknologi penyebaran informasi telah ada sejak tahun  3000 SM. Semakin bertambahnya zaman teknologi yang digunakannya pun semakin canggih. Berikut perkembangan teknologi informasi dari zaman ke zaman.
Zaman Pra-Mekanik (3000 SM - 1450 M)
       Pada zaman ini, manusia menggunakan symbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 2000-3000 sebelum masehi manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan informasi. Bangsa yunani kuno mengadaptasi symbol milik bangsa Fenisia dengan menambah huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Papyrus membuat buku pada tahun 6000 sebelum masehi. Mesir kuno yang menciptakan system angka, sehingga menciptakan alat bantu hitung yang disebut abacus.


Zaman Mekanik ( 1450 - 1870)
       Zaman ini termasuk dalam abad pertengahan. Pada zaman ini manusia sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah, dan merekam informasi. Pada masa ini diciptakanlah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Mesin ini merupakan mesin cetak untuk penyampaian informasi. Pada tahun 1600, computer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline  dan dianggap titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.



Zaman Elektro-Mekanik (1870 – 1940)
       Pada zaman ini,  sudah menggunakan listrik untuk menjalankan penemuan-penemuan sesudah pascaline ditemukan. Pada masa ini diciptakanlah telepon dan kode Morse untuk dapat berkomunikasi jarak jauh. Lalu diperkenalkanlah komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal tahun 1948. Komputer tersebut diberi nama Dubbed Manchester Mark 1.

Zaman Elektronik (1940 – Sekarang)
       Pada zaman ini, kita sudah bisa merasakan mesin-mesin canggih seperti telepon seluler,dll. Pada tahun 1957, Jean Hoerni mengembangkan transistor planar. Alat ini dapat mengintergrasikan semua sirkuit yang diciptakan pada tahun-tahun selanjutnya. Kemudian Departemen Pertahnan Amerika juga mendirikan ARPANET pada tahun 1960. ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, peneliti dan universitas.


Internet Of Things

       Internet of things (IOT) adalah sebuah konsep atau skenario dimana suatu objek berkemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia ataupun manusia ke komputer. IOT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan internet. Meskipun konsep ini kurang populer hingga tahun 1999, namun IOT telah dikembangkan selama beberapa dekade. Contoh dari IOT yaitu mesin coke di Carnegie Melon University diawal tahun 1980-an. Alat ini merupakan alat internet yang pertama, cara kerja alat ini yaitu programer dapat terhubung ke mesin melalui internet untuk memeriksa status mesin dan melihat apakah ada atau tidak minuman dingin tanpa harus pergi ke mesin tersebut.
       Istilah Internet Of Things (IOT) mulai dikenal tahun 1999 yang saat itu disebutkan pertama kalinya dalam sebuah presentasi oleh Kevin Ashton,yang merupakan CO-founder and Executive Director of the Auto-ID center di MIT.

Berikut adalah video mengenai cara kerja Internet Of Things.



Link Prezi : https://prezi.com/9ogc1xndt6aj/inovasi-sistem-informasi-teknologi-informasi-modern/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tugas Soft skill - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -