Popular Post

Posted by : Muhammad iskandar Kamis, 25 Oktober 2018

Auditor harus bersikap bebas (independent) untuk me-review dan menilai kebijaksanaan, rencana-rencana dan prosedur serta catatan-catatan yang ada, sehingga auditor yang melakukan penilaian dan review harus terbebas dari pekerjaan rutin.

Sasaran (Objective)
1.      Sasaran secara menyeluruh dari Internal Audit Departemen adalah memberikan penilaian yang independen (tidak memihak) atas catatan-catatan akuntansi, keuangan dan segala aktivitas di dalam suatu perusahaan atau grup dari perusahaan dan memberikan rekomendasi yang berhubungan dengan penilaian tersebut kepada manajemen perusahaan untuk mengambil keputusan. Di dalam menilai aktivitas perusahaan atau grup dari perusahaan, kegiatan yang dilakukan oleh Internal Audit meliputi:
·         Review terhadap semua aktivitas dari jenis usaha perusahaan.
·         Analisis secara objektif atas keuangan dan operasional perusahaan.
·         Penilaian secara independen.
·         Rekomendasi atas hal-hal yang diperlukan oleh manajemen maupun manajemen anak perusahaan yang akan di evaluasi atau di audit.
·         Tindak lanjut atas rekomendasi yang telah diberikan.

2.     Memberikan gambaran kepada semua pihak bahwa tugas Internal Audit Departemen adalah untuk melayani kepentingan manajemen. Dalam memberikan pelayanan kepada manajemen tersebut, Internal Audit dituntut untuk:
·        Lengkap dan berkualitas dalam menyajikan informasi kepada manajemen.
·        Produktif dalam membuat dan memberikan rekomendasi/laporan atas berbagai macam kegiatan/operasional dan keuangan.
·        Menjadi perpanjangan tangan manajemen dalam hal Pengawasan (control).

Ruang Lingkup
Aktivitas Internal Audit Departemen adalah sebagai berikut:
·         Penilaian yang bebas atas semua aktivitas di dalam perusahaan (induk dan anak perusahaan). Dapat menggunakan semua catatan yang ada dalam perusahaan/grup perusahaan, baik Direktur Utama maupun Direktur lainnya.
·         Me-review dan menilai kebenaran dan kecukupan data-data akuntansi dan keuangan dalam penerapan untuk pengawasan operasi perusahaan.
·         Memastikan tingkat dipatuhinya kebijaksanaan, perencanaan, dan prosedur yang telah ditetapkan.
·         Memastikan bahwa harta perusahaan telah dicatat dengan benar dan disimpan dengan baik sehingga dapat terhindar dari pencurian dan kehilangan.
·         Memastikan dapat dipercayainya data-data akuntansi dan data lainnya yang disajikan oleh perusahaan.
·         Menilai kualitas dan pencapaian prestasi manajemen perusahaan berkenan dengan tanggung jawab yang diberikan oleh pemegang saham.
·         Laporan dari waktu ke waktu kepada manajemen dari hasil pekerjaan yang dilakukan, identifikasi masalah, dan saran/solusi yang harus diberikan.
·         Bekerja sama dengan Eksternal Auditor sehubungan dengan penilaian atas Pengendalian Itern (Internal Control).

Wewenang dan Tanggung Jawab
Berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan, Internal Audit Departemen tidak memiliki wewenang langsung dalam suatu organisasi yang sedang di – review. Oleh karena itu, auditor harus bersikap bebas (independent) untuk me-review dan menilai kebijaksanaan, rencana-rencana dan prosedur serta catatan-catatan yang ada, sehingga auditor yang melakukan penilaian dan review harus terbebas dari pekerjaan rutin dalam organisasi perusahaan sesuai dengan jabatan dan tanggung jawab yang diberikan kepada mereka.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Tugas Soft skill - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -